MA’HAD ALY ZAWIYAH JAKARTA ( BETAWI CORNER)

Ma’had Aly Zawiyah Jakarta (Betawi Corner)Gambar

Rutinitas Yayasan dalam menyelenggarakan Istigotsah pada ulang tahun Jakarta yang bertepatan pada 22 Juni mengilhamkan Abuya KH. Saifuddin Amsir untuk mengembangkan sebuah tradisi diskusi dan pemikiran bagi warga Betawi dan Jakarta pada umumnya untuk memperkuat basis tradisi keislamnnya seiring dengan kondisi degradasi agama dan moral warga Jakarta pada umumnya. Beliau menamakan wadah ini dengan Ma’had Ally Zawiyah Jakarta atau Betawi Corner.

Selain kedua gagasan tersebut sebelumnya, Abuya KH. Saifuddin Amsir juga berpendapat bahwa untuk mengembalikan kemuliaan kota Jakarta, perlu ada lembaga-lembaga yang dapat ‘mencetak’ ulama-ulama dan cendikiawan-cendikiawan dengan kualitas yang tidak kalah dengan lulusan-lulusan sarjana maupun paska sarjana dari universitas-universitas ternama. Baginya segala title kesarjanaan dan yang semacamnya menjadi hampa bila  tidak ditampilkan secara  sungguh-sungguh bila tidak mampu memperhatikan dan member solusi terhadap kebutuhan ummat.

Penggunaan Zawiyah pada Betawi Corner  ini lebih diharapkan menjadi tempat untuk mencari ilmu dan keberkahan yang ada  pada ZawiyahGambar kaum Sufi. Maka pada level akademik, beliau menyelenggarakan Ma’had Aly sebagai wadah pendidikan tinggi yang ditujukan bagi mereka yang mau mempelajari Islam secara komprehensif dan mau secara aktif berperan serta dalam syiar keagamaan dalam masyarakat Jakarta  dan sekitarnya.

Ma’had Aly ini merupakan bagian paling penting dan tepat. Oleh karena itu Zawiyah Jakarta mengundang pakar-pakar yang representative untuk mendukung gagasan ini secara berkesungguhan.

Ma’had Aly Zawiyah Jakarta juga telah merancang kurikulum dalam beberapa ilmu kajian Islam. Diantaranya adalah: Tafsir Hadits dan Ekonomi Syariah. Metode yang diterapkan oleh Ma’had Aly adalah dengan mengombinasikan metode pengajaran klasik dan kontemporer yang terstruktur, dievaluasikan, dan interaktif.

Disamping itu Zawiyah Jakarta ditujukan untuk menjadi lembaga kajian dan diskusi keislaman (termasuk didalamnya penerbitan) dibawah Yayasan Terpadu Shibghatullah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s