LEMAN STORY (PRESS CONFERENCE)

Gambar

RELEASE PRESS CONFERENCE

(13 Januari 2013)

Bersama Abuya KH. Saifuddin Amsir

Leman Story Karyawan PT. Redpath Indonesia yang dipekerjakan di Proyek Pertambangan PT. Freeport Indonesia No. IDR. 20327/K3/D2,

Mengajakukan gugatan Perbuatan Melawan Hukum di PENGADILAN NEGERI JAKARTA SELATAN,Pendaftaran No; 203/Pdt.G/2010/PN.JKT.SEL,terhadap :

  1. PT. Freeport Indonesia,beralamat di kantor Pusat di Plaza 89 5th Floor Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X-7 No. 6 Jakarta solution
  2. PT. Redapth Indonesia, beralamat di Kantor Pusat di Plaza 89 5 Floor Jl. H. R. Rasuna Said Kav. X-7 N0. 6 Jakarta Selatan
  3. PT. Inamco Varia Jasa, beralamt di Kantor Pusat Jl. Poltangan No. 48, pasar Minggu, Jakarta Selatan

  Adapun alasan – alasanya sebagai berikut :

  1. Bahwa pada awal mulanya Leman Story pada tanggal 10 Februari 2006 diterima bekerja sebagai Warehouseman PT. Inamco Varia Jasa dalam hal ini selaku Turut Tergugat, sangat jelas Leman story beragama Islam dan Status Perkawinan adalah kawin.
  2. Leman story beragama Islam dan Statusnya telah menikah, dapat dibuktikan dalam Kutipan Akta Nikah Seri AH No. 741/16/VII.2009, dalam KTP Nomor : 474.4/17654 Dmb, demikian pula dalam Kartu Keluarga NOmor : 474/4/07.dskk 2007, Tanggal 14-8-2007,menjelaskan Jumlah Keluarga.
  3. Leman Story, Ninik Sabarwati (Istri),Andy Moore (Perempuan Anak), Yuril Imam Akbar (Laki, Anak) dan Adri Brilliant (Laki, Anak), semua Keluarga beragama Islam, Data – data ini membuktikan kebenaran Identitas Penggugat.
  4. Leman story dipindahkan/dimutasikan oleh pt. Inamco Varia Jasa untuk bekerja dan menjadi Karyawan Kontrak di PT. Redapth Indonesia, dalam hal ini selku Tergugat II, (Leman Story) /R-20327/885654 selaku Employee/Pekerja, dalam perjanjian ini  sangat jelas dinyatakan bahwa Leman Story status perkawinan adalah menikah (Married).
  5. Selanjutnya PT. Redpath Indonesia, Leman Story ditempatkan di PT. Freeport Indonesia, sebagai Pekerja Miner, Tambang bahwa tanah, bernomor Anggota 885654.
  6. Leman Story selama bekerja dilokasi, PT. Freeport Indonesia, menghadapi dan mengalami perlakuan yang tidak benar mulai dari pelecehan dan atau penghinaan Agama merubah dari agama Islam menjadi Agama Christian,Status Menikah menjadi Single oleh pihak PT. Freeport Indonesia demikian pula mengalami pemutusan hubungan kerja secara tidak wajar dalam keadaan sakit selama dua hari. Oleh PT. REDPATH INDONESIA, dan tanpa adanya uang pesangon,bahkan agamanya juga telah dirubah setelah terjadi Pemutusan Hubungan Kerja. Tindakan ini sangat bertentangan  dengan UU Ketenagakerjaan No. 13 Tahnun 2003 Pasal 153 (Ayat 1 huruf a) yang berbunyi Pekerja atau Buruh berhalangan masuk kerja karena sakit menurut Keterangan Dokter selama waktu tidak melampaui 12 Bulan secara terus menerus, karena Leman Story dalam waktu sakit tidak bias di PHK, sehingga tindakan PT. Freeport Indonesia dan PT. Redpath Indonesia melakukan perbuatan perlawanan hukum.
  7. Bahwa perubahan dari status menikah (Marital Status) menjadi belum menikah (Single), dan status keagamaan yangs seharusnya Islam dirubah menjadi Agama Christian, adalah tindakan Illegal dan merupakan Perbuatan Melawan Hukum sebagaimana diatur dalam Pasal 1365 KUHPerdata.
  8. Bahwa berkaitsn Perbuatan Melawan Hukum tersebut sebagaimana dalam KUHPerdata pasal 1365, yang berbunyi : Tiap perbuatan yang melanggar hokum, yang membawa kerugian kepada orang lain,mewajibkan orang yang karena salahnya menerbitkan kerugian itu,mengganti kerugian tersebut. Jika dihubungkan dengan tindakan PT. Freeport Indonesia merubah agama Leman Story dari Agama Islam menjadi Agama Christian dan merubah status married menjadi Single, berarti PT. Freeport Indonesia melakukan tindakan Illegal karena tanpa seizin dengan Leman Story sehingga dapat disimpulkan PT. Freeport Indonesia melakukan Perbuatan Melawan Hukum,Akibat dari tindakan PT. Freeport Indonesia membawa kerugian Leman Story seperti Istri dan ketiga Anak meninggalkannya, bahwa atas kerugian yang telah dilakukan akibat Tindakan PT. Freeport Indonesia, karena merubah Agama dan Status tanpa izin yang merupakan perbuatan Illegal maka berkewajiban mengganti kerugian yang ditimbulkanya baik kerugian Materil Immateril.
  9. Bahwa Perubahan mempunyai tujuan tertentu dengan cara menyebarluaskan kepada/karyawan dan dimuat di dalam Employee Details Information 3 dari Website http://ijsps2.tpra.fmi.com/hrportal/empinfo/detail/default.asp?data_part=job_info&e pada tanggal 26 Juni 2009, perbuatan tersebut Leman Story memahami  bahwa tindakan ini, tidak bias hanya dipahami suatu kesalahan dan atau kekeliruan biasa dalam memasukan data tetapi hal ini harus diduga keras ada kepentingan tertentu oleh PT. FREEPORT INDONESIA bahkan.

10. Terindikasi mengarah kepada penghinaan dan upaya Kristenisasi, atas tindakan PT. FREEPORT INDONESIA  ini merupakan pelanggaran dalam kebebasan beragama sebagaimana diatur dalam Pasal 29 UUD 45, sehingga dapat dikategorikan telah melakukan Perbuatan Melawan Hukum.

11. Leman Story yang Identitasnya beragama Islam dirubah menjadi beragama Christian yang lebih dikenal dengan “Pemurtadan”. Berdasarkan keyakinan para penganut Agama Islam mengharamkan hal tersebut, karena sanksinya adalah mati dalam kekafiran sebagaimana Firman ALLAH SWT dalam KItab Suci Al – Qur’an Surah Al – Bakarah ayat (2) : 217 yang artinya berbunyi : “Barang siapa murtad diantara kamu dari Agamanya, lalu dia mati dalam kekafiran, maka mereka itu sia – sia amalanya di dunia dan di akhirat, dan mereka itulah penghuni neraka, mereka kekal didalamnya”, atas tindakan ini Penggugat sanagat dirugikan, dirinya telah disingkirkan dan dibuang jauh dari pergaulan keluarganya yang taat beragama Islam.

12. Bahwa berkaitan itu pula dalam Surah Ali Imran (3) : 85 yang artinya : “Dan barang siapa mencari Agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi”. Berpedoman dengan ayat ini, eksesnya atas tindakan PT. Freeport Indonesia merubah agama Leman Story dari beragama Islam menjadi beragam Christian, perubahan ini menjadi sangat serius karena dilatarbelakangi keluarga Penggugat berasal dari Bugis Makassar yang taat beragama, akibatnya Leman Story mengalami kerugian yangs angat besar tidak hanya kerugian materil hilangnya pekerjaan tetapi kerugian immaterial yaitu ditinggal pergi oleh Istri dan Anaknya, yang dilatarbelakangi Istri dan Anaknya punya prinsip keras soal Agama yang harus selalu dipertahankan.

13. Bahwa perbuatan melawan hokum tersebut diatas, juga melanggar Undang – Undang Nomor 12 Tahun 2005, Tentang Kovenan Internasional Hak  – Hak Sipil dan Politik pasal 17 yang berbunyi : “Hak setiap orang ata kebebasan berfikir, berkeyakinan dan beragama serta perlindungan atas hak – hak tersebut”.

14. Bahwa dimasukan dalam data Leman Story kemudian disebarluaskan ke Public melalui Website/Domain PT. Freeport Indonesia dimana semua orang/karyawan mengakses dan membacanya, atas tindakan serta penyebaran ini, berarti PT. FREEPORT INDONESIA telah melanggar ketentuan Undang – Undang Nomor 11 Tahun 2008, Tentang Informatika dan Transaksi Elektronika sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat 3 yang menyatakan “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan atau mentransmisikan dan atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronika dan atau dokumen elektronika yang memiliki muatan penghinaan dan atau pencemaran nama baik”.

15.  Bahwa selain pelanggaran PT. Freeport Indonesia tersebut diatas juga dipermasalahkan pada Pasal 310 (ayat 1 dan 2) KUHP tentang Penghinaan yang berbunyi “Pada ayat 2,Jika hal ini dilakukan dengan tulisan atau gambar yang disiarkan, dipertunjukan pada umum atau ditempelkan, maka yang berbuat itu hukum karena menista dengan tulisan, dengan hukuman penjara selama – lamanya satu tahun empat bulan.”

16. Bahwa PT. Freeport Indonesia tersebut diatas juga melakukan tindakan perbuatan tidak menyenangkan sesuai (Pasal 335 Pasal 1) KUHP yang berbunyi “Barang siapa secara melawan hukum memaksa orang lain supaya melakukan,tidak melakukan atau membiarkan sesuatu,dengan memakai”.

17. Kekerasan, sesuatu perbuatan lain maupun perlakuan yang tak menyenangkan , baik terhadap orang itu sendiri maupun orang lain.

Mengetahui Panitia Solidaritas

       Untuk Leman Story;

  • A. Abubakar Buto, BBA (Ketua DPP Perpisi)
  • A. Noorhakim (Pemimpin Redaksi Global Invest)
  • MH. Thamrin
  • KH. Mudjitaba                                                                         (Panitia Solidaritas)

                                                                                                       Monalisa Misdjan

                                                                                                           Sekjen ICWI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s