MUKADDIMAH

   MUKADDIMAH

Kitab Al-Qur’an I’jaz wa khawwash wa falsafatan

بسم الله الرحمن الرحيم

Puji Syukur ke hadirat Allah SWT atas nikmat dan karunianya yang telah menganugrahkan Al-Quran sebagai hudan lin naas ( petunjuk bagi seluruh manusia) dan Rahmatan lil ‘alamin (rahmat bagi semesta alam) juga sebagai pedoman hidup bagi manusia dan Alhamdulillah Abuya KH Saifuddin Amsir, dapat menyelesaikan sebuah karya terbaik agar bermanfaat bagi Ummat.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, sebagai Insan Kamil, utusan dan manusia pilihan-Nya. Dialah penyampai, pengamal dan penafsir pertama Al’Quran.

Dan dalam kesempatan ini dapat dikatakan bahwa usaha yang Abuya KH. Saifuddin Amsir untuk membuat sebuah karya yang berkaitan dengan Tafsir Falsafi dengan menggabungkan beberapa tema dari Kitab Qonun At-Ta’wil, Adz-Zahab Al-Ibriz fi Hushul Al-Qur’an Al-Aziz, Jawahir Al-Qur’an (Al-Hujjat Al-Islami Abi Hamid Al-Ghazali), Fadhail Al-Qur’an (Hafiz Ibn Katsir), ‘Ajaib Al-Qur’an (Imam Fakhruddin Ar-Razi), dan Ad-Dar An-Nazim fi Khawas Al-Qur’an Al-Karim (Imam Al-Yafi’i) merupakan sebuah apresiasi keikhlasan sebagai seorang Ulama yang juga berkiprah di IAIN Syarif Hidayatullah.

Abuya telah mengajar semenjak tahun 1986 sampai dengan sekarang di IAIN yang kini menjadi UIN. Bahkan, abuya pernah mengajar untuk kurang lebih 17 mata kuliah berbeda. Pada 10 tahun pertama, beliau mengajar 17 mata kuliah; sesuatu hal yang sulit ditemukan pada dosen-dosen lainnya. Dan pada 10 tahun ke dua Abuya telah dikonsentrasikan untuk mengajarkan beberapa mata kuliah seperti Ilmu Mantiq, Tafsir Al-Qur’an (yang didalamnya terdapat Mata kuliah Tafsir Ayatul Ahkam, Tafsir Ayatul Kawn, dan dengan ilmu penunjangnya Nusus Qur’aniyah), dan Ilmu Hadits sehingga memperkaya khazanah pengetahuannya dibidang tersebut.

Pengalaman mengajar yang cukup lama itu mengkondisikan Abuya untuk dapat melahirkan basic silabus Tafsir Falsafi; yang dijadikan acuan bagi pengajaran mata kuliah ini selanjutnya di IAIN.

Disamping itu Al-Wirdul Latif sebagai wirid yang dipilih Abuya untuk diijazahkan, disyarahkan, dan disebarluaskan ketengah masyarakat merupakan wirid yang penuh dengan kandungan I’jaz, Khawas, dan filosofi Al-Qur’an dan Al-Hadits. Tentu saja bagi Abuya, I’jaz, khawas, dan filosofi Al-Wirdul Latif  ini berkaitan erat dengan materi-materi Filsafat Al-Qur’an yang telah Abuya tekuni. Dan Al-Wirdul Latif ini merupakan rujukan yang representative untuk melebarkan bagian yang diangkat oleh Abuya sebagai pemenuhan ilmiah.

Abuya memilih Imam Al-Ghazali sebagai tokoh yang sangat representative dalam hal ini menjadikan karya-karyanya sebagai rujukan utama yang membahas dan’menyelesaikan’ tema-tema yang berkenaan dengan I’jaz, Khawas, dan Filosofi Al-Qur’an.[1]

Sementara Ar-Razi, Ibn Katsir, Al-Yafi’i pun merupakan tokoh-tokoh penting yang berbicara luas dan representative dibidang tersebut. Oleh Karena itu Kitab-kitab yang telah ditulis oleh ke 3 tokoh terakhir ini menjadi sangat selaras untuk dijadikan penunjang bagi karya Al-Ghazali.

Sementara munajat Imam Ali Zainal Abidin tidak kalah pentingnya dalam menunjang rujukan-rujukan tersebut diatas terutama dalam upaya merekatkan tali hubungan antara Sunni dan Syiah.

Bagi para peminat yang sedang mencermati bidang-bidang ini sebagai khazanah ilmu yang diketengahkan oleh Abuya diharapkan usaha dan karya ini menjadi bahtera yang luas yang sulit ditemui tepi akhirnya (bahrun laa saahila lahu).

Semoga bermanfaat.

 Yayasan Terpadu Shibghatullah

Alamat             : Jln Budi Harapan No.8/40 Cipinang Melayu Jakarta Timur 13620

Phone: (021) 8629316 / (021) 86601516  Fax : (021) 86601516

 


[1] Dalam fihris karangannya, Al-Ghazali pernah menyebutkan tentang karya tafsir Al-Qur’annya sebanyak 30 jilid. Namun naskahnya belum dapat ditemukan sampai saat ini. Hal ini berbeda dengan Al-Jilani yang telah menulis kitab tafsir sebanyak 8 jilid namun manuscriptnya telah ditemukan di perpustakaan di Vatican dan telah dicetak oleh salah seorang keturunannya yang bernama Syeikh DR. Muhammad Fadhil Al-Jilani.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s