SAMBUTAN KETUA YAYASAN TERPADU SHIBGHATULLAH JAKARTA

SAMBUTAN KETUA YAYASAN TERPADU SHIBGHATULLAH JAKARTA

Pengurus Dewan Syariah Nasional

 Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Alhamdulillah segala puji bagi Allah yang Maha Memberi kepada makhluknya yang lemah. Shalawat serta salam kepada penghulu para nabi, Muhammad SAW.

Allah berfirman, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdo’alah untuk mereka. Sesungguhnya do’a kamu itu menjadikan ketentraman jiwa bagi mereka dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS: At-Taubah 103)

Allah menciptakan sesuatu di dunia ini berpasang-pasangan. Ada lelaki, tentu ada perempuan. Ada yang sehat banyak pula yang sakit. Ada yang muda sudah pasti ada yang tua. Ada yang kaya dan pasti ada yang miskin. Kesemuanya sudah menjadi ketetapan Allah.

Seperti halnya Allah menciptakan perempuan dan lelaki untuk saling melengkapi dalam hidup, demikian pula dengan keadaan kaya dan miskin. Kedua hal tersebut Allah ciptakan tidak hanya sebagai ujian kepada manusia, tetapi sebagai sesuatu hal yang melengkapi.

Hubungan kelengkapan antara si kaya dan si miskin bisa terpenuhi dengan adanya zakat. Sebagai rukun ke empat dalam Islam, zakat tidak hanya berfungsi sebagai pencuci harta yang wajib dilaksanakan bagi si kaya, tetapi lebih dari itu, dapat mempersempit jarak jenjang sosial dan ekonomi antara si kaya dan si miskin.

Tentu bukan hal mudah bagi orang yang ingin mengeluarkan zakat, akan tetapi tidak paham dan tidak tahu dimana harus diserahkan atau bagaimana penghitungan zakat, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, para mustahik yang banyak tersebar di daerah yang ada di Jakarta, belum tentu semua dapat menerima dana zakat yang ada di lembaga zakat yang telah ada.

Karena itu, dengan adanya LAZIS Zawiyah Jakarta yang berada di bawah naungan Yayasan Terpadu Shibghatullah, amil ingin mencoba membantu masyarakat dalam mempersempit jenjang sosial dan ekonomi tersebut, serta mempermudah para muzakki untuk menunaikan kewajiban mereka dan para mustahik untuk mendapatkan hak mereka lebih mudah, terutama mustahik yang berada di lingkungan LAZIS Zawiyah Jakarta dan Yayasan Terpadu Shibghatullah.

Semoga dengan adanya booklet kecil dari LAZIS Zawiyah Jakarta ini, juga dapat membantu masyarakat untuk dapat lebih mengenal zakat, hukum, penghitungan, pengumpulan dan distribusinya agar tujuan utama zakat dapat terpenuhi, serta menjadi tali penyambung antara muzakki dan mustahik dalam memberikan dan menerima zakat.

Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s